Business Inovasi Bisnis untuk Mengembangkan Perusahaan? Bisa dengan Aplikasi Mobile dan Teknologi Lainnya!

Inovasi Bisnis untuk Mengembangkan Perusahaan? Bisa dengan Aplikasi Mobile dan Teknologi Lainnya!

Bagaimana sebuah perusahaan besar dapat berinovasi? Bagaimana memulai transformasi digital?

Apakah teman-teman sedang membangun bisnis dan memiliki pertanyaan yang sama?

Memulai bisnis dari awal, yang sederhana sebagai startup hingga menjadi perusahaan besar, tentunya banyak sekali lika-liku yang dihadapi. Inovasi dan improvement harus terus dilakukan oleh perusahaan. Pencapaian yang cemerlang tidak serta merta membuat perusahaan berhenti dalam berinovasi.

Berinovasi dapat dilakukan pada satu bidang bisnis yang sama maupun memperkenalkan bisnis baru yang tampaknya tidak saling berkaitan. Yang jelas, budaya inovasi melalui jalur produk maupun teknologi akan membantu pemilik bisnis terus berakselerasi.

Ketika teknologi menjadi utilitas, ia menjadi di mana-mana, dan lebih banyak orang berpartisipasi dalam inovasi. Dan, hal ini adalah kunci.

Tidak dapat dipungkiri hadirnya teknologi dalam kehidupan kita membawa banyak perubahan, termasuk memodifikasi sistem kinerja yang ada.

Lalu, bagaimana teknologi dapat membesarkan sebuah enterprise?

Teknologi dapat membesarkan perusahaan lewat berbagai hal. Hal ini tak hanya lewat aplikasi mobile, tapi juga dengan bentuk teknologi lain. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

Meningkatkan Pemasaran

Apapun bisnis yang Anda miliki, Anda perlu memasarkannya jika ingin sukses. Adanya teknologi membantu Anda dalam membuat rencana pemasaran terbaik.

Salah satu tips paling bermanfaat dalam pemasaran adalah memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Anda juga bisa menggunakan iklan di sana, seperti untuk dipasang di Google, Instagram, Facebook, dan lainnya.

Lebih efektif lagi, bila Anda mengembangkan aplikasi mobile bersama para mobile developer. Hal ini karena rata-rata pemilik smartphone menghabiskan 50% waktu yang dimiliki bersama perangkat mobile. Dan, dapat dipastikan pengoperasian aplikasi-aplikasi tersebut dilakukan kapan pun dan di mana pun.

tiket - mobile developer - mobile developer indonesia - mobile application development - mobile app development - travel agent - travel app - android developer indonesia
Tampilan Aplikasi Mobile Tiket.com

Tiket.com, online travel agent pertama di Indonesia, mengembangkan aplikasi mobile-nya mulai dari satu fitur utama, yakni pemesanan hotel. Tiket.com memercayakan pembuatan aplikasi mobile ini kepada GITS Indonesia. Kami pun menjadi partner pada masa awal dirintisnya tiket.com.

 

Berkomunikasi dengan Lebih Efektif

Komunikasi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis. Anda dapat mulai mencoba menggunakan aplikasi artsebagai alat komunikasi di tim internal. Misalnya, Google Hangouts Meet, Slack, dan lainnya. Aplikasi ini mempermudah dalam saling berbagi informasi melalui chat, monitoring, maupun video conference. Tak hanya di desktop, sebagian besar juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile.

Jika Anda belum memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan komunikasi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya.

 

Memberikan Pelayanan Terbaik

Apakah Anda yakin produk atau jasa yang Anda jual sudah memenuhi aspek kepuasan pelanggan?

Pelanggan menjadi sumber kehidupan bagi bisnis. Oleh karena itu, sangat penting mengutamakan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Anda dapat mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dengan melakukan survei online melalui media sosial ataupun aplikasi mobile. Lewat hal tersebut, pelanggan dapat langsung memberikan penilaian dan perusahaan dapat meningkatkan customer service dan kualitas dari produk yang dijual.

 

Meningkatkan Produktivitas

Teknologi yang terus berkembang memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai software dan hardware.

Dalam pencatatan waktu kerja atau presensi karyawan, misalnya, Anda bisa memakai aplikasi mobile untuk memantau kinerja semua karyawan.

Salah satu Badan Usaha Milik Negara, yakni PT Kereta Api Indonesia, mengembangkan aplikasi mobile presensi yang dikembangkan oleh GITS Indonesia. Lewat aplikasi presensi ini, karyawan KAI dapat dengan mudah mengirimkan informasi presensi, mengajukan permintaan cuti, juga membaca informasi dari perusahaan. Serta, hal tersebut bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

tiket - mobile developer - mobile developer indonesia - mobile application development - mobile app development - travel agent - travel app - android developer indonesia
Tampilan Aplikasi Mobile Presensi KAI

 

Membangun Sistem Keamanan Informasi Bisnis

Teknologi juga bisa diterapkan sebagai pelindung atau pencegah pelanggaran keamanan. Misalnya, melindungi dari peretas yang berusaha mendapatkan akses informasi sensitif dari perusahaan Anda.

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga perlu memahami dan menerapkan teknologi canggih untuk menjaga persaingan bisnis. Teknologi ini untuk memastikan bahwa informasi yang ada hanya dapat diakses oleh orang yang tepat. Salah satunya adalah melalui permintaan kata sandi maupun email yang terkonfirmasi. Selain itu, perlu pula pemeliharaan keamanan setiap perangkat yang Anda miliki, lewat teknologi lainnya.

 

Itu tadi adalah bahasan hal-hal yang bisa dibuat lebih baik lagi oleh adanya teknologi. Peningkatan pemasaran, komunikasi efektif, pelayanan terbaik, produktivitas tinggi, dan keamanan bisnis. Tentunya, hal-hal tersebut adalah komponen penting yang perlu Anda perhatikan agar bisnis Anda tidak berhenti berjalan dan terus berinovasi.

Teknologi untuk mewujudkan peningkatan hal-hal baik tersebut bisa berupa mobile aplikasi. Karenanya, Anda perlu melakukan development aplikasi bersama developer andal beserta orang-orang lainnya.


Novita Dewi adalah bagian dari GITS Indonesia di Marketing & Communication.



 


 

GITS Indonesia kerap membantu berbagai perusahaan dalam melakukan inovasi. Salah satunya adalah Sarihusada, bagian dari Danone. Inovasi seperti apa yang mereka lakukan? Selengkapnya dapat dibaca di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Implementasi REST API di iOS Development menggunakan Alamofire dan SwiftyJSON

iOS Development – Tentang REST API Bagi seorang developer, mungkin sudah tidak asing lagi...

GITS Expert Talks: Guide to Building a Learning Organization

In 1995, Peter Senge coined the term of a Learning Organization. He defines it as a company that facilitates learning of its...

GITS Webinar: How to Build UI UX Portfolio that Stand Out

Apa saja yang harus disiapkan UI/UX designer dalam membuat portfolio? Setelah kamu membuat UI design, lalu bagaimana cara mendokumentasikan...

12 Pelajaran dalam GITS 12 Tahun

GITS genap berumur 12 tahun pada 13 September ini. Ini juga tandanya saya sudah 2 tahun lebih 1...

Customer Loyalty Program yang Cocok untuk Masa Pandemi COVID-19

Customer loyalty program atau program loyalitas kepada pelanggan adalah tentang bagaimana menghargai pelanggan. Kemudian, pada akhirnya, pelanggan yang...