Business Sales dan Marketing Budgeting untuk 2021

Sales dan Marketing Budgeting untuk 2021

Dalam menjalankan bisnis perusahaan, membuat sales budgeting dan marketing budgeting adalah hal penting. Ini untuk merencanakan dan mengelola kinerja keuangan dengan ketat. Membuat proses penganggaran tentu dibutuhkan. Hal tersebut karena itu adalah cara paling efektif untuk menjaga bisnis Anda dan keuangannya berjalan sesuai rencana.

Sales dan marketing budgeting atau commercial budgeting dilakukan dengan menguraikan keuntungan dari perencanaan bisnis dan penganggaran serta menjelaskan bagaimana melakukannya. Anda dapat menentukan tindakan apa yang dapat membantu dalam mengelola keuangan bisnis dengan lebih efektif dan efisien.

Apa Saja yang Perlu Anda Siapkan dalam Membuat Sales dan Marketing Budgeting

Perkiraan Perencanaan untuk Sales dan Marketing Budgeting

Pada umumnya yang biasa digunakan adalah rencana tahunan.

sales budgeting marketing commercial

Dua Komponen Utama dari Sales dan Marketing Budgeting

1. Revenue (Penjualan, Top-Line)

Gross Sales Value (GSV)

Penjualan Kotor, sebelum dikurangi Retur, Diskon dan Biaya Penjualan (D&A)

Net Sales Value (NSV)

Penjualan Bersih, sesudah dikurangi Retur, Diskon dan Biaya Penjualan (D&A)

Komponen

SKU (Stock-Keeping-Unit), Channel, Area, Volume, Harga, Product Mix

  1. Expenses (Biaya) 
  • Product (Manufacturing)

Raw Material, Packaging Material, Labor, Overhead

  • Commercial

-> D&A (Dues and Allowances):

Diskon, Trading Term, Mailer, Promo Fund, Rebate, Opening Store, SPG, MD, Floor Display, Gondola

-> A&P (Advertising & Promotion):

ATL (Above the Line): TV, radio, majalah, billboard, digita

BTL (Below the Line): Consumer Activation, Event, Sampling (Dry, Wet)

  • Delivery Expenses

Biaya pengiriman (sifatnya variabel)

  • General Expenses/DepEx (Departmental Expenses)/Fixed Expenses

Misal: Biaya Gaji, Biaya Utilities, Biaya Depresiasi

  • Other Expenses

-> Yang timbul bukan dari bisnis atau operasional: normal atau rutin Perusahaan

-> Insidental atau satu kali: misalnya Loss of Exchange Rate, Loss of Disposal of Assets, Prior Year Tax Audit Expenses

Sales dan Marketing Budgeting juga Mencakup Hal Berikut

  •     Bottom Line (Profit)
  •     Capex (Capital Expenditure)
  •     MPP (Manpower Planning)
  •     Cash

Menggunakan Asumsi-asumsi

Di-review secara Berkala

Dalam menentukan proyeksi anggaran, penting untuk bersikap realistis. Jika Anda tidak yakin, bersikaplah konservatif dan perkirakan biaya yang tinggi serta rendahkan pendapatan.

Lebih Lanjut tentang Sales dan Marketing Budgeting

Lebih lanjut tentang ini dibahas pada GITS Expert Talks: Commercial Budgeting in Uncertainty: Key to Prepare for 2021, bersama ibu Novita Kwee, CFO dan Finance & HR Director di PT ABC President Indonesia. Webinar yang diselenggarakan oleh GITS.ID ini tayangan ulangnya dapat ditonton di:

Untuk pendaftar GITS Expert Talks, file materi dapat diakses di bawah ini. Sila cek email Anda untuk mendapatkan password-nya.

Protected Area

This content is password-protected. Please verify with a password to unlock the content.


Novita Kwee adalah CFO dan Finance & HR Director di PT ABC President Indonesia.


GITS.ID bekerja sama membantu banyak klien perusahaan mewujudkan visi mereka lewat aplikasi mobile, desktop, maupun website. Contoh-contohnya dapat diakses di halaman Portfolio ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles

Latest article

Sales dan Marketing Budgeting untuk 2021

Dalam menjalankan bisnis perusahaan, membuat sales budgeting dan marketing budgeting adalah hal penting. Ini untuk merencanakan dan mengelola kinerja keuangan dengan ketat....

Menciptakan Organisasi Pembelajaran/Learning Organization, juga bagi Digital Agency Jakarta

Dalam sebuah perusahaan, juga digital agency Jakarta misalnya, kedinamisan adalah hal yang mutlak. Setiap orang yang ada di dalamnya memiliki perbedaan latar...

Software Developer Indonesia, Ini Cara Pakai Open XML di .NET Core

Bagi software developer Indonesia, saat ini, banyak aplikasi yang menerapkan office tools untuk membantu pengerjaan dokumen, presentasi, maupun spreadsheet. Office tools ini...

Cara Membuat UI/UX Design Portfolio yang Menarik Perhatian Recruiter

Bidang UI/UX design terus berkembangan pesat dan memiliki banyak peluang. Dengan memiliki design portfolio yang kuat dan menarik, kamu punya banyak kesempatan...

GITS Expert Talks: Commercial Budgeting in Uncertainty: Key to Prepare for 2021

Preparing the year 2021 budget will be challenging for most companies given the unprecedented situation of pandemic. We have faced 2020 with...