Sales dan Marketing Budgeting untuk 2021

sales budgeting marketing budgeting commercial

Dalam menjalankan bisnis perusahaan, membuat sales budgeting dan marketing budgeting adalah hal penting. Ini untuk merencanakan dan mengelola kinerja keuangan dengan ketat. Membuat proses penganggaran tentu dibutuhkan. Hal tersebut karena itu adalah cara paling efektif untuk menjaga bisnis Anda dan keuangannya berjalan sesuai rencana.

Apalagi, pada masa pandemi, budgeting plan untuk sales maupun marketing perlu dipersiapkan dengan baik. Termasuk, untuk rencana ramadan campaign.

Sales dan marketing budgeting atau commercial budgeting dilakukan dengan menguraikan keuntungan dari perencanaan bisnis dan penganggaran serta menjelaskan bagaimana melakukannya. Anda dapat menentukan tindakan apa yang dapat membantu dalam mengelola keuangan bisnis dengan lebih efektif dan efisien.

Apa Saja yang Perlu Anda Siapkan dalam Membuat Sales dan Marketing Budgeting

Perkiraan Perencanaan untuk Sales dan Marketing Budgeting

Pada umumnya yang biasa digunakan adalah rencana tahunan.

sales budgeting marketing commercial

Dua Komponen Utama dari Sales dan Marketing Budgeting

1. Revenue (Penjualan, Top-Line)

Gross Sales Value (GSV)

Penjualan Kotor, sebelum dikurangi Retur, Diskon dan Biaya Penjualan (D&A)

Net Sales Value (NSV)

Penjualan Bersih, sesudah dikurangi Retur, Diskon dan Biaya Penjualan (D&A)

Komponen

SKU (Stock-Keeping-Unit), Channel, Area, Volume, Harga, Product Mix

  1. Expenses (Biaya) 
  • Product (Manufacturing)

Raw Material, Packaging Material, Labor, Overhead

  • Commercial

-> D&A (Dues and Allowances):

Diskon, Trading Term, Mailer, Promo Fund, Rebate, Opening Store, SPG, MD, Floor Display, Gondola

-> A&P (Advertising & Promotion):

ATL (Above the Line): TV, radio, majalah, billboard, digita

BTL (Below the Line): Consumer Activation, Event, Sampling (Dry, Wet)

  • Delivery Expenses

Biaya pengiriman (sifatnya variabel)

  • General Expenses/DepEx (Departmental Expenses)/Fixed Expenses

Misal: Biaya Gaji, Biaya Utilities, Biaya Depresiasi

  • Other Expenses

-> Yang timbul bukan dari bisnis atau operasional: normal atau rutin Perusahaan

-> Insidental atau satu kali: misalnya Loss of Exchange Rate, Loss of Disposal of Assets, Prior Year Tax Audit Expenses

Sales dan Marketing Budgeting juga Mencakup Hal Berikut

  •     Bottom Line (Profit)
  •     Capex (Capital Expenditure)
  •     MPP (Manpower Planning)
  •     Cash

Menggunakan Asumsi-asumsi

Di-review secara Berkala

Baik di sisi Sales maupun Marketing, ada banyak program atau pendekatan yang bisa dilakukan. Salah satunya ada strategi account based marketing. Selain itu, bagi Anda yang sudah punya channel berhubungan atau omnichannel, ada pula strategi omnichannel B2B, B2C, D2C yang bisa diperhatikan.

Dalam menentukan proyeksi anggaran, penting untuk bersikap realistis. Jika Anda tidak yakin, bersikaplah konservatif dan perkirakan biaya yang tinggi serta rendahkan pendapatan.

Dibutuhkan pula platform untuk mengolah task tim Sales dan kontak, pipeline, serta deal yang didapatkan. Platform ini dapat disebut Sales Management Platform.

Alokasi Sales dan Marketing Budgeting dengan Software Mofin

Salah satu software atau aplikasi yang dapat sangat membantu pengalokasian budget marketing (ataupun tim lain) maupun approval dan monitoring penggunaannya, bisa lewat Mofin. Mofin akan menjadi sumber nomor satu tepercaya di mana tim perusahaan bisa melihat sumber finansial untuk budgeting dan forecasting. Informasinya pun tertampil secara real-time dan terintegrasi. Mempercepat kerja dan bisa untuk melihat KPI pula. Demo aplikasi Mofin dapat di-request secara gratis dengan mengisi form di sini.

Lebih Lanjut tentang Sales dan Marketing Budgeting

Lebih lanjut tentang ini dibahas pada GITS Expert Talks: Commercial Budgeting in Uncertainty: Key to Prepare for 2021, bersama ibu Novita Kwee, CFO dan Finance & HR Director di PT ABC President Indonesia. Webinar yang diselenggarakan oleh GITS.ID ini tayangan ulangnya dapat ditonton di:

Untuk pendaftar GITS Expert Talks, file materi dapat diakses di bawah ini. Sila cek email Anda untuk mendapatkan password-nya.

[passster password=”gits-budgeting”]

File materi:

GITS.ID terbuka untuk konsultasi terkait solusi IT bagi bisnis perusahaan Anda. Silakan hubungi kami di gits.id/#contact

[/passster]


Novita Kwee adalah CFO dan Finance & HR Director di PT ABC President Indonesia.


GITS.ID bekerja sama membantu banyak klien perusahaan mewujudkan visi mereka lewat aplikasi mobile, desktop, maupun website. Contoh-contohnya dapat diakses di halaman Portfolio ini.

jasa pembuatan aplikasi android sales marketing budgeting ios mobile application website web google cloud partner indonesia platform gcp

CONTACT US

Do you have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 1×24 workday.

Indonesia

Head Office

Summarecon Bandung, Jl. Magna Timur No.106, Bandung, 40296

Whatsapp (chat only)

0811-1309-991

North America

Branch Office

166 Geary Str STE 1500 #1368, San Francisco, CA 94108, United States