Aplikasi Telemedicine, Layanan Kesehatan Masa Kini

Perubahan kondisi yang terjadi saat ini, membawa dampak pada perubahan gaya hidup. Selama masa pandemi mobilitas memang telah dikurangi. Hal ini juga terjadi dalam bidang kesehatan. Aplikasi telemedicine menjadi solusi bagi masyarakat dalam bidang kesehatan secara digital.

Aplikasi tersebut merupakan salah satu bentuk konsultasi digital untuk mendapatkan layanan kesehatan seperti halnya pelayanan di rumah sakit. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu datang ke rumah sakit untuk konsultasi dengan dokter.

Apa Itu Aplikasi Telemedicine

Meskipun aplikasi telemedicine di Indonesia sudah mulai banyak digunakan, namun masih ada beberapa orang yang belum familiar dengan aplikasi ini. Secara umum telemedicine adalah salah satu metode penyediaan pelayanan kesehatan secara virtual.

Telemedicine dilakukan secara daring, sehingga tidak perlu bertatap muka langsung dengan dokter atau praktisi kesehatan lainnya. Sistem kerja yang digunakan dapat menggunakan telepon, hasil tes, foto, pemantauan pasien jarak jauh, konsultasi, dan layanan yang lainnya.

Saat ini layanan telemedicine sudah menjadi hal yang umum di masyarakat. Kemudahaan untuk mengakses layanan ini, serta lebih praktis dibandingkan harus datang ke rumah sakit. Terlebih lagi mengingat pandemi yang masih berlangsung, banyak yang khawatir untuk datang ke rumah sakit.

Telemedicine ini hadir bukan hanya sebagai perkembangan digitalisasi dalam hal kesehatan. Lebih dari itu, aplikasi ini bisa menjadi solusi dalam mengatasi sejumlah tantangan kesehatan yang ada. Beberapa hal yang mendasari adanya telemedicine ini antara lain:

  • Bertujuan sebagai pendukung perawatan klinis.
  • Menjadi solusi untuk mengatasi masalah jarak dan geografis dalam pemerataan layanan kesehatan.
  • Inovasi tentang teknologi informasi terbaru.
  • Meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan secara luas.

Kenapa Telemedicine Marak Digunakan Di Kalangan Masyarakat

Hingga saat ini, telah banyak fasilitas kesehatan atau penyedia layanan kesehatan yang mengadopsi aplikasi telemedicine. Masyarakat juga semakin banyak yang menggunakan aplikasi tersebut. Beberapa alasan yang mendasari telemedicine semakin banyak digunakan antara lain:

  • Memudahkan pasien untuk mengetahui hasil laboratorium secara tepat.
  • Memberikan akses agar dapat berkomunikasi dengan tenaga medis meskipun dari tempat yang sulit dijangkau.
  • Menjadi sarana komunikasi untuk memudahkan kontrol perawatan medis. Contohnya menjawab pertanyaan tentang pengobatan yang masih berjalan atau yang telah selesai dijalani.
  • Memberikan kemudahan bagi masyarakat akan pengetahuan seputar informasi medis yang meliputi tindakan medis sederhana, pertolongan pertama pada kasus diare, atau penanganan cedera.
  • Memangkas antrian yang terjadi di fasilitas kesehatan, sehingga pelayanan kepada pasien menjadi lebih efisien.
  • Aplikasi dapat memberikan saran tentang spesialisasi apa yang cocok dengan kondisi kesehatan yang dialami oleh pasien saat itu. Contohnya saja saran tentang spesialis anak, spesialis dokter gigi, dan lainnya.

Pentingnya Aplikasi Telemedicine Bagi Kehidupan di Masa Kini

Aplikasi ini telah banyak beredar di masyarakat, terlebih lagi tersedia aplikasi telemedicine gratis yang banyak diminati. Banyak keuntungan dana kemudahan yang didapatkan baik dari penyelenggara fasilitas kesehatan maupun dari sisi masyarakat sebagai pengguna. Alasan pentingnya telemedicine antara lain:

  • Membantu fasilitas kesehatan dalam menghemat waktu. Pasien juga tidak perlu jauh-jauh datang ke fasilitas kesehatan.
  • Menghilangkan peluang terjadinya risiko penularan penyakit dari satu orang ke orang lainnya. Penularan dapat terjadi dari pasien ke tenaga medis maupun sebaliknya.
  • Menghemat biaya secara signifikan, sebab baik dari penyelenggara kesehatan maupun pasien tidak bertemu secara tatap muka langsung. Konsultasi dilakukan secara digital yang lebih praktis dan efisien.
  • Kemampuan telemedicine dalam memenuhi kebutuhan pasien. Hal ini dapat dilakukan secara menyeluruh, dimanapun dan kapanpun.
  • Telemedicine membantu dalam menyusun rencana pelayanan kesehatan yang dapat diandalkan dan lebih efisien.

Keuntungan yang Diperoleh Dari Aplikasi Telemedicine

Sejak munculnya pandemi, layanan telemedicine menjadi banyak diminati. Meskipun sebenarnya, aplikasi ini telah ada jauh sebelum pandemi terjadi. Saat ini penggunaan telemedicine semakin pesat seiring dengan pembatasan mobilitas masyarakat. Keuntungan dari aplikasi ini antara lain:

  • Akses Mudah ke Dokter Spesialis

Telemedicine memungkinkan pasien untuk bisa terhubung dengan dokter spesialis ketika dibutuhkan. Akses ini bahkan dapat digunakan selama 24 jam ke semua dokter spesialis. Kemudahan bertemu dengan dokter kapan saja dan dimana saja.

  • Biaya Lebih Rendah

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya untuk konsultasi dengan dokter maupun terapis terbilang mahal. Sedangkan dengan menggunakan telemedicine ini pada umumnya memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan harus berkunjung langsung ke fasilitas kesehatan.

  • Akses Medis Masyarakat di Pedesaan

Bagi orang yang tinggal di pedesaan yang jauh dari fasilitas kesehatan telemedicine ini bisa menjadi solusi. Dalam kondisi tertentu dimana akses ke fasilitas medis bermil-mil jaraknya, aplikasi ini memungkinkan berkonsultasi dengan para dokter secara lebih cepat.

  • Akses Medis Bagi Orang yang Tidak Memiliki Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memang penting, namun tidak semua orang memiliki asuransi kesehatan tertentu. Beberapa jenis layanan kesehatan membutuhkan rujukan dari fasilitas kesehatan lain atau dari pihak asuransi. Berbeda dengan telemedicine yang tidak membutuhkan asuransi atau rujukan.

  • Mengurangi Paparan Patogen

Apabila Anda harus datang langsung ke fasilitas kesehatan maka ada jeda waktu tunggu. Lamanya waktu tunggu ini, dapat berkontribusi terjadinya penularan penyakit. Dengan telemedicine, dapat dilakukan dirumah agar terhindar dari paparan kuman dan virus.

  • Dukungan Ketika Kondisi Kronis

Apabila Anda memiliki alat pemantau kesehatan di rumah hasilnya dapat dikirimkan kepada dokter melalui telemedicine. Dokter dapat menerangkan apakah ada gejala baru, potensi keadaan darurat, atau kesehatan yang mulai memburuk.

Dengan penanganan cepat ini, maka dokter juga akan dengan tepat melakukan intervensi. Apabila kondisi buruk dapat memungkinkan untuk menyelamatkan nyawa. Telemedicine sangat membantu dalam memutuskan tindakan medis selanjutnya.

  • Perawatan Tengah Malam

Bagi Anda yang memiliki anak kecil atau bayi ketika sakit pasti akan terjaga semalaman. Ketika anak sakit tengah malam, akan lebih baik jika menggunakan telemedicine agar terhubung dengan dokter. Anda dapat menemukan solusi dan resep apabila diperlukan dengan lebih cepat.

Aplikasi Telemedicine

Fitur-Fitur yang Terdapat di Dalam Aplikasi Telemedicine

Aplikasi konsultasi dokter online yang ada saat ini memiliki fitur yang berbeda satu sama lain. Namun pada umumnya, fitur yang paling banyak dimiliki adalah sebagai berikut:

  • Telekonsultasi dengan dokter spesialis, baik melalui pesan teks maupun panggilan video.
  • Pembelian obat secara online.
  • Pemesanan layanan laboratorium.
  • Tes diagnosa secara daring.
  • Pembuatan janji temu dengan dokter atau praktisi kesehatan lainnya.
  • Registrasi vaksin
  • Layanan informasi seputar Covid-19.

Kisaran Harga Aplikasi Telemedicine

Pengembangan aplikasi kesehatan seperti telemedicine memang cukup memerlukan banyak dana yang dikeluarkan. Hal tersebut sesuai dengan banyaknya fitur layanan yang ingin di kembangkan. Dari sisi tampilan aplikasi juga akan mempengaruhi harga mengingat tingkat kerumitan antar muka yang diinginkan.

Namun, bekerja sama sebagai telemedicine app developer adalah sebuah investasi yang menguntungkan. Hal yang pasti adalah aplikasi akan bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selama masa penggunaannya Anda bisa menambahkan fitur atau menambah layanan agar masyarakat lebih tertarik.

Bahasan menarik mengenai Healthcare Application

Konsultasi Pembuatan Aplikasi Kesehatan Bersama GITS.ID

Tertarik untuk mengembangkan aplikasi telemedicine ini, silakan berkonsultasi dengan tim dari GITS.ID. Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan aplikasi ini, adalah solusi terbaik untuk membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Kami juga bekerja sama dengan Viva Health untuk mengembangkan aplikasi kesehatan mereka, Viva Apotek.

Hubungi GITS.ID sekarang juga.

Share Article
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Related Article

Contact us

You have a new project?

Come tell us what you need! Fill out this form and our solution team will response to your email by maximum of 2×24 workday. Please be patient and wait for us.

Head Office

Jl. Mars Barat I No 9, Bandung 40286